Perbedaan Antara Luka Dingin & Luka Canker

Perbedaan Antara Luka Dingin & Luka Canker Info, Kesehatan, Penyakit, 

Perbedaan Antara Luka Dingin & Luka Canker
Perbedaan Antara Luka Dingin & Luka Canker

Luka dingin dan sariawan mudah dikacaukan. Keduanya terjadi di dekat mulut, bisa sangat menyakitkan, dan berbagi beberapa pemicu yang sama, seperti trauma dan stres. Namun, dua luka ini sangat berbeda mengenai lokasi, penyebab, pengobatan, dan bahkan apakah mereka dapat menyebar atau tidak kepada orang lain. Memahami perbedaan antara keduanya dapat membantu Anda memilih opsi perawatan terbaik untuk merasa dan terlihat lebih baik sesegera mungkin. Cold sore adalah infeksi virus yang menyebabkan lecet yang menyakitkan dan menyakitkan di bagian luar mulut. Di sisi lain, sariawan adalah lesi kecil dan menyakitkan pada jaringan lunak mulut atau di dasar gusi. Juga dikenal sebagai borok mulut, sariawan tidak menular seperti sariawan. Inilah cara mengenali perbedaannya.

Penyebab Bisa Bervariasi

Luka dingin dan sariawan dapat berbagi banyak pemicu yang sama, termasuk stres dan trauma wajah. Namun, penyebabnya dapat bervariasi untuk sariawan dan tidak dipahami dengan baik sedangkan sariawan memiliki satu penyebab: herpes simplex virus (HSV). Infeksi yang sangat menular ini seumur hidup, tetapi bisa tetap tidak aktif selama bertahun-tahun sebelum timbul demam atau sakit dingin. Sebagian besar orang dewasa dan setidaknya separuh anak-anak terinfeksi HSV, tetapi banyak yang tidak pernah menderita sakit flu.

Luka canker dua kali lebih sering pada wanita daripada pria, dan biasanya pertama kali terjadi antara sepuluh dan dua puluh. Tidak ada yang tahu persis mengapa sariawan terjadi. Mereka mungkin disebabkan oleh beberapa jenis virus, mirip dengan luka dingin, atau mereka dapat disebabkan oleh kondisi autoimun atau reaksi alergi. Namun, ada banyak pemicu luka sariawan yang diketahui, termasuk diet rendah asam folat, zat besi, atau vitamin B12, serta merokok, stres, dan iritasi atau cedera pada jaringan lunak mulut.

Lokasi berbeda

Luka canker jarang muncul di luar mulut dan biasanya muncul di pangkal garis gusi, di bawah lidah, di bagian dalam bibir atau pipi, atau di langit-langit jaringan lunak. Luka canker tidak muncul di langit-langit mulut yang keras atau jaringan gusi gingiva.

Luka dingin biasanya muncul di lokasi berbeda tidak terlalu jauh. Sebagian besar luka dingin muncul di atau dekat bibir, tetapi kadang-kadang dapat muncul di atau di dalam hidung atau di wajah. Mungkin juga sakit dingin muncul di dalam mulut, meskipun ini tidak umum.

Hanya Satu yang Menular

Luka dingin dan sariawan mungkin tampak serupa, tetapi ingat hanya satu yang menular. Cold sore disebabkan oleh infeksi virus yang dikenal sebagai herpes simplex virus (HSV), yang sangat umum dan mempengaruhi sekitar lima puluh persen anak-anak yang masuk taman kanak-kanak dan hingga sembilan puluh persen orang dewasa, walaupun hanya sebagian kecil yang benar-benar mengalami gejala. HSV sangat menular dan dapat menyebar ke orang lain melalui kontak dengan blister sampai luka benar-benar sembuh.

Karena kebanyakan orang yang memiliki virus herpes simpleks juga menumpahkan virus, mereka dapat menular bahkan ketika tidak ada luka. Anda dapat melepaskan sel-sel HSV dari situs di mana sakit dingin telah terjadi bahkan ketika tidak ada gejala, meskipun Anda tidak melepaskan sel sepanjang waktu. Adalah mungkin untuk menyebarkan virus herpes simpleks dengan mencium atau berbagi peralatan, handuk, atau pisau cukur.

Perbedaan Penampilan

Ada beberapa perbedaan tampilan antara sakit dingin dan sakit kanker. Bahkan, dokter biasanya dapat mendiagnosis mereka saat penglihatan berdasarkan penampilan dan lokasi. Luka kanker akan dimulai sebagai benjolan kecil di dalam mulut tetapi pecah terbuka satu atau dua hari kemudian, meninggalkan luka terbuka kekuningan atau keputihan dengan perbatasan merah. Banyak sariawan yang terjadi pada kelompok berdiameter 1/8 inci hingga 1-1 / 4 inci. Kebanyakan sariawan sembuh total dalam sepuluh hingga lima belas hari tetapi berulang beberapa kali dalam setahun. Jenis sariawan yang paling umum adalah sariawan ringan, yang sangat kecil. Luka kanker besar sama saja kecuali mereka lebih menyakitkan dan lebih dalam. Luka kanker herpetiform, meskipun namanya, tidak disebabkan oleh virus herpes seperti luka dingin. Bentuk ini cenderung berkembang di kemudian hari sebagai luka yang sangat kecil di mulut yang terjadi dalam kelompok sepuluh hingga seratus luka.

Luka dingin terlihat sangat berbeda dari sariawan dan memiliki gejala yang berbeda. Luka ini sering dimulai dengan sensasi kesemutan di bibir atau di sekitar mulut diikuti oleh awal sakit sekitar dua hari kemudian. Luka akan pecah dan mengalir, meninggalkan kerak di atas lepuh. Luka dingin bisa memakan waktu hingga empat minggu untuk sembuh dan meninggalkan keropeng yang tidak sedap dipandang. Luka dingin hampir selalu terjadi di luar mulut, biasanya di bibir, hidung, atau di dekat mulut.

2 Komentar untuk "Perbedaan Antara Luka Dingin & Luka Canker"

  1. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel