Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan
Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Minyak ikan adalah suplemen yang umum digunakan karena memberikan banyak manfaat kesehatan. Minyak ini kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan fungsi otak, melindungi jantung, dan meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Minyak ikan secara alami ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan tuna. Namun, jika Anda tidak sering mengonsumsi makanan ini, mengonsumsi suplemen harian dapat membantu meningkatkan peluang Anda mendapatkan cukup omega-3. Ada juga bukti yang berkembang bahwa minyak ikan bermanfaat bagi tubuh dengan cara lain dan dapat mempromosikan keseluruhan kesejahteraan. Berikut adalah beberapa manfaat mengambil minyak ikan setiap hari secara detail.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Menurut sumber, bahkan jika Anda mengambil sedikit minyak ikan, Anda dapat menurunkan tekanan darah Anda. Ini adalah berita baik bagi individu yang memiliki hipertensi atau riwayat tekanan darah tinggi dalam keluarga. Minyak ikan tidak hanya mengurangi tekanan darah tinggi tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan trigliserida dalam darah hingga tiga puluh persen. Ketika tingkat tekanan darah normal, ada risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Minyak ikan juga dapat membantu mengatasi hal ini, karena membantu menghilangkan plak di arteri yang dapat menghambat sirkulasi. Risiko penyakit jantung yang lebih rendah berarti arteri tidak mengeras oleh plak dan jantung dapat berfungsi dengan baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

American Heart Association telah lama merekomendasikan orang untuk makan dua porsi ikan berlemak per minggu. Asam lemak omega-3, yang kita tahu berlimpah dalam ikan, adalah lemak tak jenuh yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung. Sumber-sumber medis juga menyatakan ada nutrisi lain dalam ikan yang bekerja dengan omega-3 untuk membuat ikan sangat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sementara beberapa orang khawatir tentang kemungkinan kontaminasi merkuri dari makan ikan, manfaat kesehatan biasanya lebih besar daripada paparan merkuri, jadi sebaiknya mengkonsumsi ikan segar mungkin. Tentu saja, minyak ikan adalah suplemen yang bagus untuk ditambahkan dengan manfaat yang sama.

Mengurangi Nyeri Dan Kekakuan Sendi

Minyak ikan bertindak sebagai pelumas untuk sendi dan meningkatkan sirkulasi darah, yang berarti Anda mungkin akan mengalami lebih sedikit kekakuan dan rasa sakit. Minyak ini juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, karena suplemen ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan asam eikosapentaenoat (EPA dan asam docosahexaenoic (DHA), dua asam lemak omega-3 termasuk dalam minyak ikan, dapat mencegah rasa sakit yang berasal dari agen inflamasi seperti tumor necrosis factor alpha (TNF-a). Individu dengan kondisi seperti punggung kronis rasa sakit atau radang sendi mungkin menemukan mengambil minyak ikan setiap hari dapat secara signifikan mengurangi nyeri sendi dan kekakuan dan meningkatkan kualitas hidup. Menurut sebuah penelitian, beberapa pasien bahkan dapat berhenti minum obat anti-inflamasi non-steroid tanpa mengalami flare di radang sendi mereka ketika mengambil suplemen minyak ikan dalam dosis tinggi ini.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minyak ikan meningkatkan kesehatan kulit dengan memperbaiki tekstur kulit. Anda mungkin akan menemukan kulit Anda terlihat lebih halus dan lebih lembab setelah mengonsumsi suplemen minyak ikan secara teratur selama beberapa minggu. Karena minyak ikan mengandung banyak vitamin yang larut dalam lemak, minyak ikan dapat membuat kulit Anda lebih kenyal dan mengurangi atau mencegah keriput dan garis-garis halus.

Orang-orang yang menderita cacat dan berjerawat mungkin menemukan penambahan omega-3 pada rutinitas perawatan kulit mereka melalui suplemen minyak ikan bahkan dapat mengurangi warna kulit mereka dan mencegah peradangan wajah. Minyak ikan juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena efek anti-peradangannya, sehingga Anda mungkin akan menemukan kulit Anda lebih sehat dan lebih sedikit kotoran di kulit. Jika Anda menderita kulit dehidrasi atau memiliki kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim, minyak ikan dapat menambah kelembapan pada kulit dan mencegah flare-up.

Mendukung Kehamilan yang Sehat

Jika Anda akan segera hamil, mulailah menambahkan minyak ikan ke dalam makanan Anda, karena mendukung kehamilan yang sehat. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik untuk ibu dan bayi dan membantu mendukung kesehatan dan perkembangan otak. EPA dalam minyak ikan meningkatkan kesehatan jantung dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, dan DHA meningkatkan kesehatan sistem saraf pusat dan sangat penting untuk kesehatan otak dan mata. Ini menunjukkan bayi membutuhkan nutrisi dalam minyak ikan untuk kesehatan penglihatan dan perkembangan neurologis saat berada dalam rahim. Sumber mengungkapkan ketika ibu mengonsumsi minyak ikan, mereka dapat meningkatkan berat lahir bayi mereka dan menurunkan risiko pre-eklampsia.

Membantu Gangguan Mental

Penelitian menunjukkan individu dengan beberapa gangguan mental, seperti skizofrenia, memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah. Sehubungan dengan ini, penelitian telah menunjukkan suplemen dengan minyak ikan dapat membantu banyak pasien yang menderita kondisi ini dengan mengurangi keparahan gejala. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi risiko kondisi ini terjadi di tempat pertama bagi individu yang berisiko. Tentu saja, manfaat ini terkait dengan asupan minyak ikan yang lebih tinggi. Secara khusus, peningkatan gejala skizofrenia dalam sebuah penelitian muncul setelah pasien mengambil sepuluh gram minyak ikan pekat sehari selama enam minggu.

Tingkatkan Perhatian Dan Hiperaktif

Asam lemak omega-3, seperti yang kita tahu, memainkan peran penting dalam otak, dan ini adalah bagian dari alasan mengapa anak-anak mendapatkan cukup omega-3 dapat membantu mencegah kondisi perilaku seperti gangguan perhatian defisit hiperaktif. Penelitian telah menunjukkan suplemen untuk asam lemak ini, termasuk dengan suplemen minyak ikan, memang meningkatkan gejala masalah perilaku dan kesulitan belajar yang terkait dengan gangguan hiperaktifitas defisit perhatian dan kondisi serupa. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini dan minyak ikan tampaknya adalah pengurangan impulsif, agresi, kurang perhatian, dan hiperaktif pada anak-anak dengan kondisi seperti attention deficit hyperactivity disorder.

Dapat Mencegah Penurunan Kognitif

Bukti menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi ikan dalam jumlah yang lebih tinggi biasanya mengalami penurunan fungsi otak mereka seiring bertambahnya usia, terutama ketika penyakit Alzheimer ikut berperan. Ini adalah bagian yang memicu gagasan untuk mempelajari pengaruh suplementasi minyak ikan pada otak dan jika itu dapat memperlambat penurunan kognitif. Studi kecil telah menunjukkan korelasi penurunan kognitif yang lebih lambat dan minyak ikan, meskipun yang lain mengklaim tidak ada bukti yang jelas tentang hubungan langsung antara keduanya, yang berarti penelitian tambahan diperlukan untuk akhirnya menentukan sejauh mana pengaruh suplementasi minyak ikan memiliki di otak dan penurunan kognitif.

3 Komentar untuk "Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan"

  1. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus

  2. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel